Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Rabu, 11 April 2018

PENGERTIAN SATMORI DAN SUNMORI

Bikers kekinian pastilah sering dengar istilah Satmori dan Sunmori. Satmori dan Sunmori bukan merupakan istilah yang diadaptasi dari bahasa Jepang lho, meskipun terlihat demikian. Para komunitas anak motor yang sering kongkow dan riding bareng pastilah tahu arti dari 2 istilah tersebut. Namun bagi bikers awam, tentulah 2 istilah tersebut terasa asing di telinga. Nach, buat mas Bro dan mbak Sis yang belum tahu makna kedua istilah tersebut, maka kita bisa mulai belajar bareng yach, hehe...
touring ke obyek wisata
SATMORI merupakan kependekan dari istilah bahasa Inggris, SATURDAY MORNING RIDE. Sedangkan SUNMORI merupakan kependekan dari SUNDAY MORNING RIDE. Kedua istilah tersebut merupakan kegiatan jalan-jalan dengan berkendara naik motor kesayangan pada weekend day (akhir pekan), yang dimulai pada pagi hari di hari Sabtu (Saturday), atau di hari Minggu (Sunday). Kegiatan Satmori atau Sunmori biasanya dilakukan oleh komunitas bikers di kota-kota besar untuk sekadar refreshing melepas penat, setelah bekerja selama sepekan. Namun tak menutup kemingkinan ada yang melakukan kegiatan ini sendirian (solo riding).  
kongkow ke kafe
Kegiatan Satmori dan Sunmori biasanya dilakukan dengan medium touring ke tempat kongkow/tongkrongan gaul (kafe, mall, dsb) untuk rute dalam kota, maupun ke obyek-obyek wisata terdekat untuk rute luar kota. Biasanya mereka akan riding dengan kecepatan menengah agar bisa menikmati suasana udara segar, dan pemandangan sepanjang perjalanan di pagi hari. Namun sayangnya, aksi positif tersebut sering tercoreng ulah beberapa oknum bikers yang bertindak arogan di jalan raya, seperti ngebut dan melakukan cornering (aksi miring-miring di tikungan seperti pembalap di sirkuit, red). Tentu saja aksi negatif beberapa oknum bikers tersebut, membuat nama bikers secara keseluruhan yang melakukan aktivitas Satmori dan Sunmori menjadi ikutan jelek di mata masyarakat. 
cornering di jalan raya
Jadi, pergunakanlah aktivitas Satmori dan Sunmori itu sesuai peruntukan sebenarnya, yaitu kegiatan refreshing secara safety riding, jangan arogan dan ugal-ugalan. Jalan raya bukanlah milik perseorangan maupun komunitas saja. Jalan raya merupakan fasilitas umum milik bersama, yang sudah sewajarnya kita sesama penggunanya saling menghargai dan santun di jalan raya, demi kenyamanan dan keselamatan. Salam safety riding...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar