Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Kamis, 06 Juli 2017

SATAMO : Sarung Tangan Motor yang Kurang Safety

Bikers pastilah membutuhkan glove atau sarung tangan sebagai perlengkapan berkendara. Meski glove sangat penting dan dibutuhkan, namun jangan sampai kita salah pilih glove. Seperti halnya glove yang sedang tren di kalangan kaum lady bikers, yaitu Sarung Tangan Motor (SATAMO).
Sarung tangan motor didesain dengan bentuk mirip sarung tangan masak (sarung tangan oven) untuk mengambil perangkat masak yang panas. Didesain dengan warna-warna dan motif menarik, centil, lucu dan cantik serta eye catching khas cewek. Oleh sebab itu, glove motor ini kebanyakan memang dipakai dan dimiliki para lady bikers.
Mengapa glove/sarung tangan motor ini tidak dianjurkan dipilih dan dipakai oleh bikers? Apakah glove motor gak safety? Yup, benar sekali bahwa SATAMO sangat berbahaya jika diaplikasi kala berkendara. Hal ini disebabkan glove motor didesain menempel paten pada stang motor. Mungkin kalau demi menjaga kulit tangan dari paparan jahat sinar matahari okelah. Namun glove/sarung tangan bagi pengendara kan fungsinya gak cuma sebagai pelindung kulit tangan dari serangan sinar matahari. Justru yang paling vital buat melindungi area tangan dari luka serius akibat kecelakaan atau terjatuh (naudzubillah, jangan sampai terjadi). Biasanya secara sadar atau tak sadar, area tangan bakal menjadi tumpuan utama saat kecelakaan/jatuh dari motor. Desain SATAMO yang nempel paten di stang maka secara otomatis bakal menghambat reflek tangan. Saat kecelakaan gerak tangan bakal terbatas dan sulit melepaskan diri dari grip stang. Ini bakalan memperparah resiko akibat kecelakaan meskipun hanya kecelakaan ringan. Misalnya, umpama terjatuh saat riding meski cuma jalan pelan, namun akibat SATAMO maka tangan kita bakal susah lepas dari stang. Sehingga bisa aja tangan bakalan terkilir. Selain itu, produk ini memang belum mengantongi ijin sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia). Tentu saja produk belum teruji secara kualitas bagi standar keamanan dan keselamatan penggunanya. 
Namun pilihan glove tetap di hati masing-masing bikers. Mau asal gaya dan ikuti tren, ataukah memang demi safety. Toch, glove yang standar safety kini banyak juga yang trendi dan menarik plus eye catching kok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar