Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Senin, 06 Juni 2016

RACE MOTOGP CATALUNYA 2016 : Rossi Kesetanan dan Juara

Mendebarkan dan seru abiz! Yup, ajang balap aspal roda 2 paling bergengsi di jagat raya ini MotoGP 2016 telah sampai pada seri ke-7. GP Catalunya 2016 berlangsung Minggu, 5 Juni 2016 di Sirkuit Catalunya, Spanyol.


















Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) tampil kesetanan di seri ke-7 ini. Setelah di race sebelumnya, di kampung halaman sendiri, Mugello harus tersingkir akibat tragedi mesin meleduk. Mengawali race dari grid ke-5, Rossi sempat terpuruk ke posisi 8. Pimpinan lomba dipimpin oleh Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha MotoGP) yang ditempel ketat duo pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez dan dani Pedrosa. Diikuti pula Andrea Iannone (Ducati Team) dan Maverick Vinales (Team Suzuki Ecstar). Namun seakan telah kesetanan, Rossi langsung on-fire dan menyusul satu per-satu pembalap di depannya dengan penuh agresivitas dan mencetak fastest lap. Memasuki 19 lap akhir, Rossi udah berhasil menempel ketat rekan setimnya untuk mengambil posisi terdepan. Alhasil di trek lurus menjelang tikungan pertama, Rossi melakukan late braking dan berhasil menyalip Lorenzo dari sisi dalam tikungan. Aksi itu ternyata berhasil diikuti Marquez yang pecundangi Lorenzo untuk posisi 2. Makin lama performa Lorenzo menurun dan udah ditempel Pedrosa dan Vinales. Pedrosa pun dengan aksi late braking juga mampu atasi Lorenzo untuk posisi 3. Sedangkan Vinales harus berlama-lama berjibaku dengan Lorenzo untuk merebut posisi 4. Perjuangan keras Vinales berbuah manis dengan mampu merebut posisi 4 Lorenzo. Naasnya, giliran di posisi 5 saat ditempel Iannone malah Lorenzo ketiban sial. Akibat manuver gila Iannone yang mencoba overtake di sisi dalam tikungan, memaksa moncong Ducati GP-16 mencium bokong Yamaha M1 dan terjadilah pergumulan di gravel. Mereka berdua DNF, tidak mampu melanjutkan balapan lagi.

Aksi seru, menegangkan dan mendebarkan dipertontonkan Rossi dengan Marquez demi mahkota juara pada 4 lap tersisa. Saling tempel, curi angin dan overtake dipertontonkan keduanya. Marquez mampu memimpin race saat 2 lap jelang finish. Namun Rossi tidak membiarkan begitu aja. Alhasil tidak butuh satu lap ia sudah kembali merebut posisi terdepan. Last lap, Marquez mencoba overtake kembali namun melakukan kesalahan dan melebar di tikungan. Bisa dipastikan gap dengan Rossi pun makin menjauh. Rossi melenggang mantab menuju garis finish membayar lunas kekecewaan race sebelumnya. Marquez harus puas finish di posisi 2 dengan gap sekitar 2 detik. Sedangkan posisi 3 diraih Pedrosa. Aksi memukau Vinales yang tahun depan bakal menemani Rossi di Yamaha, mampu mencuri perhatian di posisi 4.



Berikut Hasil Balapan MotoGP Seri ke-7, Catalunya 2016 :

Berikut Klasemen Sementara Pembalap MotoGP 2016 seusai GP Catalunya, Spanyol 2016 :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar