Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Kamis, 21 Januari 2016

YAMAHA AEROX 125LC 2016 : Penerus Xeon RC sebagai Paddock Bike YIRT

PT Yamaha Indonesia Motor MFG (YIMM) akhirnya di awal tahun 2016 ini merilis produk skutik baru, YAMAHA AEROX 125LC 2016. Produk ini merupakan generasi pengganti dari Xeon RC yang makin tenggelam penjualannya. 
Sebagai skutik berperforma tinggi, maka spesifikasi pun masih disamakan dengan Xeon RC maupun GT 125 "Eagle Eye" dengan teknologi YMJET-FI. Jadi, Aerox 125 belum mengaplikasi teknologi Bluecore. Hal ini dikarenakan Bluecore merupakan teknologi yang menyeimbangkan antara keiritan dan performa. Sedangkan Aerox lebih mengutamakan performa mesin yang maksimal sesuai tagline-nya,"Life is a Race."
Aerox R versi Eropa, 50cc 2-tak
Yamaha Aerox sebenarnya sudah ada sejak dahulu di Eropa. Bedanya hanya dari segi spesifikasi mesin dan desainnya. Aerox di Eropa mengaplikasi desain skutik khas Eropa yang stylish, mewah namun hanya berkubikasi 50cc tipe 2-tak dan berlingkar roda 13" aja. Sedangkan versi produksi YIMM selain dari desain baju, yaitu telah berkubikasi 125cc tipe 4-tak dan berlingkar roda 14". Aerox 125LC sebenarnya berasal dari beberapa kata, yaitu aero = aerodinamis, bentuk bodinya mampu mengurangi hambatan angin sehingga berkesan agresif.  X=Xtreme yaitu secara tampilan, performa dan pengendalian. LC=Liquid Cooled, yaitu telah berpendingin cairan/radiator.












Aerox 125LC 2016 berdesain gado-gado dari produk motor Yamaha yang telah ada di tanah air. Desain buritan mengadopsi milik New V-ixion Lightning. Desain muka, khususnya headlamp terinspirasi milik Xeon RC dan YZF-R25. Headlamp pada Aerox 125 telah mengusung tipe LED, jadi lebih terang namun hemat daya listrik dan ramah lingkungan. Desain stang dan dasboard terinspirasi milik X-ride. Cover bodi samping dan depan terinspirasi milik Soul GT 125. Sedangkan cover bodi tengah mirip punya Soul GT 115. Terakhir, bagian kaki-kaki dan dan knalpot mirip milik Xeon RC.

Paddock bike YIRT 2016
Yamaha Aerox 125LC dijual Rp 18,2juta (OTR Jakarta) dengan 3 pilihan warna, yaitu : biru, abu-abu dan putih. Oiya, skutik Aerox 125LC bakal menjadi kendaraan operasional resmi (paddock bike) tim balap Yamaha Indonesia/Yamaha Indonesia Racing Team (YIRT) untuk balapan nasional maupun internasional. Kabarnya, di kuartal kedua musim balap MotoGP 2016 juga akan dipakai oleh tim Yamaha Factory MotoGP.
Bakal jadi paddock bike MotoGP 2016 tim Rossi dan Lorenzo??

*) Gambar disadur via dapurpacu.com, otomotifnet.com dan tmcblog.com

1 komentar: