Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Rabu, 23 Desember 2015

SIM C1 DAN SIM C2 : Surat Ijin Mengemudi Khusus Moge, Berlaku Pertengahan 2016

Wacana diusulkannya pemberlakuan penjenjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) bagi kendaraan roda 2 secara berjenjang akhirnya bakal terealisasi. Makin tingginya kecelakaan yang melibatkan sepeda motor khususnya motor gede (moge) beberapa tahun belakangan menjadi dasar wacana tersebut bergulir. Mudahnya mendapatkan sepeda motor baru dan SIM C bagi pengendara di Indonesia mengakibatkan makin rawannya kecelakaan di jalan raya. Diperparah lagi minimnya kesadaran berkendara dan buruknya infrastruktur jalan raya menjadi penyumbang utama pemicu kecelakaan lalu lintas. Mengendarai moge (motor gede) tentu aja berbeda dengan mengendarai motor kubikasi kecil. Besarnya power dan torsi yang dikeluarkan perlu keahlian dan adaptasi khusus.

Di luar negeri, SIM (Driving Licence)  khusus kendaraan roda 2 telah dibikin berjenjang menurut kapasitas/kubikasi mesin sepeda motor. Namun sayangnya, pemberlakuan SIM berjenjang di Indonesia hanya berlaku untuk kendaraan roda 4/lebih. Khusus kendaraan roda 2 ternyata dipukul rata dengan SIM C. Kini aturan pemberlakuan SIM C secara berjenjang telah mulai digodok serius. Proses penyiapan infrastruktur, sarana dan prasarananya sudah mulai bergulir. Rencananya selambat-lambatnya bulan Juni 2016 sudah bisa diimplementasikan. 




SIM C di Indonesia dijadwalkan bakal menganut 3 jenjang tingkatan, yaitu :
  • SIM C : kapasitas mesin kurang dari 250cc
  • SIM C1 : kapasitas mesin 250cc-500cc
  • SIM C2 : kapasitas mesin lebih dari 500cc
Syarat kepemilikan SIM C1 maupun SIM C2 diwajibkan memiliki SIM C dulu minimal selama 2 tahun pembuatan. Jadi jika ingin memiliki SIM C1 maupun SIM C2 harus membuat SIM C dulu, tidak bisa meloncat langsung. Namun, apabila telah memiliki SIM C1 maupun SIM C2 maka tanpa menunjukkan SIM C pun apabila berkendara dengan motor kubikasi di bawah 250cc tetap berlaku. Jikalau ada razia di jalan raya pas kita naik motor kubikasi kurang dari 250cc kita lupa membawa SIM C, maka cukup menunjukkan SIM MOGE (SIM C1 dan SIM C2) sudah layak jalan.

2 komentar: