Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Senin, 26 Oktober 2015

RACE MOTOGP SEPANG 2015 : Rossi Gagal Juara Dunia Akibat Insiden Bersama Marquez

Gelaran MotoGP seri ke-17 di Sepang Malaysia merupakan anti klimaks bagi perebutan gelar Juara Dunia MotoGP 2015. Sejak awal race didominasi Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang mulai start dari pole position. Selepas lampu start padam, Pedrosa ditempel rekan setimnya, Marc Marquez. Disusul Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) yang dikuntit rekan setimnya, Valentino Rossi. 











Lorenzo yang start dari grid 4 langsung melesat dengan cepat seperti biasanya. Rossi langsung disalip dan gak beberapa lama Marquez pun sudah ditempel. Gak seperti biasanya, jika Lorenzo menempel Marquez pasti akan saling duel panas. Entah mengapa, sepertinya Marquez kayak memberi jalan Lorenzo untuk lewat. Anehnya, Marquez seperti melambat dan seperti berusaha menghalangi Rossi untuk mengejar Lorenzo. Duel sengit pun terjadi antar Marquez lawan Rossi. Saling libas penuh agresivitas antara keduanya terjadi sejak lap ke-2 hingga lap ke-6. Akibatnya, Pedrosa dan Lorenzo makin ngacir di depan tanpa perlawanan hingga bendera finish dikibarkan.


Penonton sebenarnya puas akan adanya duel seru yang gak bikin race membosankan. Sayangnya, duel ini terjadi di waktu yang tidak tepat. Di saat perebutan juara dunia hanya menyisakan antara Rossi dan Lorenzo. Marquez seakan ikutan merecoki persaingan panas keduanya. Bahkan semenjak seri ke-16 di Australia, kelihatan Marquez seperti sengaja memperlambat laju Rossi untuk berduel dengan Lorenzo. Puncaknya di seri Sepang, kemarahan Rossi memuncak. Rossi yang sudah merasa dirugikan di race sebelumnya malah merasa ditahan kembali oleh aksi Marquez. Saling overtake diperagakan keduanya. Bahkan Rossi sempat memberi isyarat agar Marquez kalau mau pelan monggo ke belakang aja atau kalau mau maju monggo nyalip aja. Ealah, isyarat berulang kali dari Rossi malah dianggap tantangan. Hingga terjadi duel antara keduanya dengan sangat riskan dan agresif. Rossi yang sudah terlanjur panas terprovokasi berusaha menahan laju Marquez di tikungan 14 pada lap ke-6. Namun aksi ini dibalas nekat oleh Marquez dengan tetap menarik gas motornya hingga stang kanan menempel di footstep kiri motor Rossi. Entah karena reflek atau kesal Rossi sedikit menjejak kaki dari pepetan stang Marquez. Klimaksnya, motor Marquez hilang kendali dan jatuh hingga dinyatakan DNF. Rossi melenggang sendirian karena sudah ketinggalan terlalu jauh dari rombongan depan dan finish di posisi 3 dengan kecewa. Bahkan masih harus menunggu investigasi dari race director atas insiden tersebut.
Hasil investigasi tersebut memutuskan bahwa race director memberi sanksi pinalti 3 poin dan mengharuskan Rossi start dari grid paling belakang pada seri selanjutnya. Hal tersebut membuat Rossi sulit menggapai juara dunia ke-10. Di atas kertas, Rossi sudah kalah sebelum race pamungkas besok. Namun takdir siapa yang tau. Jikalau Rossi ditakdirkan Juara Dunia MotoGP 2015, pasti itu terjadi.

Berikut HASIL RACE MOTOGP SEPANG 2015 :

Berikut KLASEMEN SEMENTARA PEMBALAP MOTOGP 2015 seusai race Sepang, Malaysia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar