Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Senin, 12 Oktober 2015

RACE MOTOGP MOTEGI 2015 : Pedrosa Juara di Kandang Honda, Rossi Cerdas Ungguli Lorenzo

MotoGP seri ke-15 mulai berlabuh di daratan Asia. Minggu kemarin merupakan seri pembuka di wilayah Asia yang berlangsung di sirkuit Twin Ring Motegi Jepang. Row terdepan diisi oleh duo pembalap tim Movistar Yamaha yang sedang bersaing dalam titel Juara Dunia MotoGP 2015. Jorge Lorenzo pole postition dan Valentino Rossi di grid 2, sedangkan Marc Marquez (Repsol Honda) di grid 3. Row kedua dihuni duo Ducati Team dengan Andrea Dovizioso di grid 4 dan Andrea Iannone di grid 5. Rekan setim Marquez dari tim Repsol Honda, Dani Pedrosa  hanya mampu start di grid 6.








Awal balapan yang diumumkan wet race, Rossi melakukan start cukup baik mampu pecundangi Lorenzo. Namun hanya berselang beberapa tikungan pimpinan lomba langsung diambil alih Lorenzo yang kemudian ngacir sendirian dengan gap cukup jauh. Rossi hanya bermain aman menjaga keausan ban sehingga gap dengan Lorenzo mencapai 3,3detik. Dovizioso yang sempat menempel Rossi akhirnya pelan-pelan menjauh akibat performa motor menurun. Marquez yang digadang-gadang mampu merecoki persaingan duo pembalap Movistar Yamaha malah drop ke posisi 6. Marc kesulitan di kondisi track yang full wet. Kejutan justru diberikan rekan setim Marc yaitu Pedrosa yang tampil cukup tenang namun percaya diri. Pelan namun pasti Pedrosa menyerang pembalap di depannya satu persatu. Hingga menjelang 9 lap akhir, Pedrosa sudah menempel ketat Rossi. Tak berselang lama, Pedrosa overtake Rossi tanpa perlawanan. Mungkin ini merupakan salah satu strategi Rossi melihat performa Lorenzo yang tak terkejar dengan gap lebih dari 3detik di depan. Menganalisa performa Pedrosa yang tampil sangat kencang membuat Rossi melepasnya agar bisa mengejar Lorenzo. Strategi itu berhasil. Pedrosa sudah menempel Lorenzo di 6 lap sisa. Sepertinya Lorenzo sedikit kaget karena Pedrosa udah tepat di belakangnya. Berbekal kepercayaan diri dan power Honda yang unggul di trek lurus, akhirnya Pedrosa gusur Lorenzo dan ngacir di depan hingga garis finish. Pedrosa dengan gembira mempersembahkan juara pertama di kandang Honda.

















Mental Lorenzo nampaknya sedikit drop akibat kecolongan Pedrosa. Selain itu, grip ban Yamaha Lorenzo sudah habis akibat memaksa ngacir di awal race menjadikan Rossi ikut nempel di belakangnya. Empat lap akhir Lorenzo mengalami kesalahan sendiri sehingga harus melebar di tikungan. Kesempatan itu digunakan Rossi untuk ambil alih posisi 2 dan meninggalkan Lorenzo sampai bendera finish dikibarkan. Lorenzo pun kecewa hanya finish di posisi 3 padahal sejak awal hingga pertengahan lomba memimpin jauh di depan.


Berikut HASIL RACE MOTOGP MOTEGI, JEPANG 2015 :

Berikut KLASEMEN SEMENTARA PEMBALAP MOTOGP 2015 susai race Motegi, Jepang 2015 :
*Gambar disadur via motogp.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar