Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Sabtu, 24 Oktober 2015

PETUALANGAN BASETA : Game Android Bernuansa Safety Riding

Siapa sich yang gak suka main game? Pasti hampir semua orang, khususnya remaja menyukai yang namanya bermain game. Dewasa ini, main game gak melulu harus pakai konsol maupun PC (personal computer). Pakai handphone atau smartphone maupun tablet kini makin mempermudah bagi kita bermain game. Menjamurnya smartphone berbasis android, kini menjadikan ketenaran game makin meraja. 
Game banyak ragam dan jenis kategori permainannya. Ada game yang bersifat hiburan, asah otak maupun memiliki unsur pendidikan. Merujuk dari makin tingginya angka kecelakaan lalu lintas dan makin maraknya penggunaan kendaraan bermotor di jalan raya. Pihak kepolisian dalam hal ini Polres Jepara, berani membuat terobosan baru dalam mengkampanyekan safety riding di jalan raya. Kasatlantas Polres Jepara, AKP Andhika Wiratama jitu mengambil peluang dalam hingar bingar dunia game. Beliau berinisiatif meracik game android bernuansa pendidikan tentang keselamatan berlalu lintas. Game safety riding ini dirilis dengan nama PETUALANGAN BASETA.
Petualangan BASETA merupakan game berbasis android versi 1.3 berukuran 34 Mb. Petualangan BASETA adalah sebuah permainan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas yang berisi kumpulan soal-soal ujian teori SIM dengan dikemas dalam sebuah game adventure. Dimana setiap pengguna diuji ketangkasannya dalam mengendarai kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4. Selain itu, game ini menguji pengetahuan para gamer-nya di bidang keselamatan berlalu lintas dengan menjawab soal-soal yang disajikan dalam game ini.
BASETA sendiri merupakan sebuah nama dari ikon badut Polri yang telah diciptakan dan diperkenalkan kepada masyarakat pada saat Operasi Ketupat Candi tahun 2014 yang lalu. Misinya untuk menghibur para pemudik sekaligus memberikan sosialisasi tertib berlalu lintas. BASETA merupakan akronim dari Badut Keselamatan Berlalu lintas. BASETA mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat, baik tua maupun muda bahkan anak-anak, sehingga sosialisasi tertib berlalu lintas dapat diterima baik oleh masyarakat. Untuk itu, BASETA mempunyai harapan besar untuk misi selanjutnya, yaitu untuk mensosialisasikan tertib berlalu lintas secara lebih luas lagi, maka lahirlah Game Edukasi Petualangan BASETA.



Dalam game Petualangan BASETA, setiap pemain memiliki misi mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Setiap soal yang terjawab dengan benar akan memberikan poin plus (+) dan setiap pelanggaran akan memberikan poin minus (-). Selain itu, beberapa hal yang dinilai dalam permainan ini adalah ;
  1. Kecepatan waktu.
  2. Kepatuhan terhadap rambu-rambu lalu lintas.
  3. Ketangkasan dalam menghindari rintangan dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Dengan memainkan game Petualangan BASETA, gamer dapat mengambil manfaat :
  1. Informasi soal sesuai dengan standar soal pada ujian teori SIM A maupun SIM C yang berlaku secara nasional (soal mengacu dari Korps Lantas Polri).
  2. Semakin mengetahui tentang bagaimana tata cara berkendara yang tertib dan berkeselamatan.

Anda dan teman dapat saling bersaing untuk mendapatkan skor tertinggi, Skor akan ditampilkan setiap akhir stage. Anda juga dapat melihat skor teman-teman dalam lingkaran Google+ anda.
Semakin sering anda memainkan game ini, maka semakin banyak pula soal-soal ujian teori SIM yang anda ketahui (kemunculan soal diatur secara acak). Dengan demikian, sudah pasti pengetahuan anda akan meningkat dan tentunya membuat anda semakin siap dalam menghadapi ujian teori SIM. Intinya, dengan bertambahnya pengetahuan tentang lalu lintas maka kita dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan dalam berlalu lintas. Bagi mas Bro dan mbak Sis yang penasaran dengan game edukasi ini, bisa download (unduh) secara gratis via klik di sini.
Keep safety riding mas Bro dan mbak Sis, Ride with Care and Share the Road...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar