Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Senin, 14 September 2015

RACE MOTOGP MISANO 2015 : Marquez Juara, Smith Cerdas, Redding Beruntung

MotoGP seri ke-13 yang dihelat di sirkuit Misano Republik San Marino (RSM), Italia diwarnai drama. Awal race telah muncul rintik hujan. Semua pembalap tetap memakai ban tipe slick. Hanya pembalap wild card dari tim Ducati, Michelle Pirro yang berjudi mengganti ban tipe wet.
Start dimulai, Lorenzo (Movistar Yamaha) langsung ngacir di depan diikuti Marc Marquez (Repsol Honda), Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha). Lap ke-6 sebagian trek sudah mulai basah akibat hujan. Scot Redding (Marc VDS) menjadi korban pertama di suasana setengah basah ini namun ia masih sanggup melanjutkan race. Bahkan di akhir balapan, Redding secara mengejutkan mampu beruntung finish di podium kunci. Podium 3 ini merupakan podium yang pertama baginya sejak berlaga di kelas utama. 

























Adanya pembalap yang jatuh akibat trek basah akhirnya memaksa Lorenzo-Marquez-Rossi yang sedang berduel di depan masuk pit berganti motor spek basah. Kelar semua pembalap berganti motor spek basah, Marquez lah yang memimpin sementara. Lorenzo pun mengikuti yang dikuntit Rossi. Akibat Marquez melebar di tikungan, Lorenzo mencuri posisi terdepan. Pertengahan race, Rossi mencetak best lap sehingga mampu menempel Marquez. Gak berselang lama di atas trek yang mulai mengering, Rossi libas Marquez untuk posisi 2. Selang beberapa lap, Rossi udah menempel Lorenzo dan berhasil mengasapinya. Marquez makin tercecer akibat kondisi ban sudah gak mumpuni. Ia pun masuk pit ganti motor lagi dengan yang spek kering. Rossi masih duel dengan Lorenzo meski kondisi ban makin terkoyak dan hampir semua pembalap udah ganti motor spek kering. Delapan lap tersissa, Lorenzo mengalah masuk duluan ke pit ganti motor spek kering. Sialnya, baru masuk lagi ke trek ia sudah terlempar di salah satu tikungan hingga DNF.  Satu lap berikutnya Rossi mau gak mau harus masuk pit ganti motor spek kering. Apesnya, kesalahan strategi ganti motor membuat Rossi harus puas finish di posisi 5. Meski poin klasemen makin menjauh dari Lorenzo, ia harus sedih terlempar dari podium untuk pertama kali di musim ini. 


Marquez yang mengalah tidak memaksa mengejar duel Rossi-Lorenzo akhirnya menuai kemenangan di sirkuit yang belum pernah dimenanginya. Podium kedua diisi pembalap Monster Yamaha Tech3, Bradley Smith yang menuai hasil baik akibat kecerdasan mengatur strategi flag to flag.

Berikut HASIL RACE SERI KE-13 MOTOGP MISANO :

Berikut KLASEMEN SEMENTARA PEMBALAP hingga race MotoGP Misano RSM, Italia :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar