Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Sabtu, 19 September 2015

AHM OIL MPX3 : Oli Resmi Honda Berspesifikasi Kental SAE 20W-40

Wuih, PT Astra Honda Motor (AHM) tau aja nih selera dan kebutuhan konsumen. Sebenarnya gue pribadi pengen sekali kasih masukan buat AHM untuk divisi parts dan accessories biar merilis oli resmi pabrikan dengan spek lebih kental. Meskipun produk-produk Honda terbaru sudah canggih dan berteknologi tinggi sehingga butuh oli berspek tinggi namun encer. AHM harusnya tetap memperhatikan produk-produk lama mereka yang sudah discontinued namun masih berseliweran di jalan. Gak sedikit pula motor-motor jadul ini yang masih setia rajin dirawat di bengkel resmi Honda (AHASS). 
Hadirnya oli resmi Honda berlabel AHM OIL menggusur oli federal yang telah lama manjadi partner resmi memang menjawab kebutuhan konsumen akan produk oli canggih berkualitas dengan harga terjangkau. Sayangnya, produk tersebut hanya hadir untuk mencukupi kebutuhan motor-motor keluaran terbaru. AHM hanya merilis oli resmi dengan spesifikasi encer yaitu SAE 10W-30. Padahal motor-motor Honda tipe jadul butuh pula diperhatikan.



Kini AHM seakan menjawab kemauan dan kebutuhan konsumen setia Honda. Beberapa hari lalu, dirilislah AHM OIL MPX3 untuk melengkapi keberadaan MPX1, MPX2, SPX1 dan SPX3 yang telah beredar di AHASS dan jaringan resmi lain. Oli MPX series merupakan oli semi sintetik, sedangkan SPX series merupakan oli full sintetik yang dirancang dengan teknologi Engine Protection. MPX1 dan SPX1 merupakan oli mesin yang diperuntukkan bagi motor Honda bertransmisi manual dengan kopling manual maupun otomatis (bebek dan sport). Sedangkan MPX2 dan SPX2 merupakan oli mesin yang diperuntukkan bagi motor Honda bertransmisi otomatis (skutik dan betik).  
Oli AHM MPX3 merupakan oli semi sintetik seperti halnya MPX1 namun berspek kental yaitu SAE 20W-40. Oli ini dikhususkan bagi motor bertransmisi manual dengan kopling manual maupun otomatis. Pangsa pasar MPX3 adalah pengguna motor tipe bebek maupun sport yang sudah jadul (produksi tahun 2000-an). Motor-motor Honda tipe jadul tersebut di antaranya adalah Tiger, Mega Pro, Karisma, Supra X 125, Supra X, Supra, Supra Fit, Revo, dsb. Uniknya, Honda CS-1 bisa juga masuk ke tipe motor baru Honda namun butuh oli spek kental. Hal ini dikarenakan basic mesin Honda CS-1 adalah mesin turunan Sonic 125 yang diproduksi AP Honda Thailand di rentang tahun 2000-an.
Kayaknya gue harus coba nih oli resmi spek kental buat CS-1. Soalnya pakai spek encer (SPX1) kurang cocok untuk jarak agak jauh maupun untuk high RPM. Mesin jadi berisik banget dan performa sedikit drop. Pindah gigi jadi kadang agak susah dan oli netes banyak lewat slang pembuangan area waterpump. Mau coba oli non pabrikan malas untuk beli di luar karena gue biasa servis rutin di AHASS. Harapan gue sih oli SPX3 segera menyusul untuk dirilis, hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar