Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Jumat, 07 Agustus 2015

HONDA ALL NEW CB 150R DAN NEW SONIC 150R 2015 : Berbekal Mesin Kembar Dirilis Bersamaan

PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya merilis 2 produk di segmen sport dengan mesin kembar. Yup, setelah lama santer terdengar bahwa Honda CB 150R Street Fire dan generasi penerus Honda CS-1 akan hadir. Kini AHM pun merilis 2 produk tersebut berbarengan, dengan nama ALL NEW HONDA CB 150R dan NEW HONDA SONIC 150R.
dapur pacu all new CB 150R dan new Sonic 150R kembar, namun beda karakter
All New CB 150R 2015 merupakan generasi penyempurna CB 150R dengan desain, fitur dan mesin serba baru layaknya big bike, tentunya telah lulus standar Euro 3. Berusaha merebut tahta penjualan motor sport kelas 150cc dari tangan V-ixion tampaknya AHM harus all out merilis produk penerus CB 150R. Berdesain ala motor gede dengan desain bodi baru, kaki-kaki kekar, fitur dan performa jempolan. All New CB 150R Street Fire nampaknya layak disebut sebagai The Real Sport Naked sejalan dengan tagline-nya.
CB 150R street fire generasi pertama
Nova Sonic 150RS Super
Honda CS-1 tinggal kenangan
Sedangkan New Sonic 150R 2015 merupakan reborn dari Nova Sonic 125 RS Super yang diproduksi di Thailand era milenium (sekitar tahun 2000). Mengalami pengembangan desain dan teknologi serta naiknya kubikasi mesin menjadi 150cc serupa milik All New CB 150R. New Sonic 150R dengan tagline Aksi Tanpa Batas, diprediksi bakal digilai anak muda pecinta kecepatan. Semriwing nada sumbang mengalun bahwa New Sonic 150R produksi AHM meng-copy produk tetangga yang lebih eksis duluan di tanah air. Padahal secara riwayat bahwa gen bebek sport (lights sport) merupakan produk-produk yang eksis di era milenium yang dipopulerkan di Thailand. Hampir semua pabrikan kala itu merilis produk bergenre lights sport atau yang di sini ngetrend dibilang "ayam jago." AP Honda Thailand yang notabene pabrikan besar di Thailand juga gak ketinggalan merilis produk-produk ayam jago, mulai dari kubikasi kecil hingga sedang (110cc s.d. 125cc) seperti Honda Nova Sonic 125 dan Nice 110. Bahkan Honda yang terkenal dengan produk-produk 4-tak pun juga merilis motor ayam jago 2-tak dengan nama Nova Dash 125. Jadi gak benar kalau pabrikan sekelas AHM ngekor kompetitor. Mungkin yang benar adalah mereka mendengarkan selera konsumen. Meski desain ayam jago udah ketinggalan jaman, nyatanya di Indonesia desain kayak gini masih sangat booming. Terbukti penjualan Suzuki Satria F150 yang bermain sendirian tetap stabil penjualannya. Sedangkan AHM yang berusaha anti-mainstream dengan merilis CS-1 meski menggendong mesin serupa dengan Sonic 125 tetap aja mlempem penjualannya. Hingga akhirnya dengan berat hati AHM harus menyuntik mati produk unik ini.
CB 150R dan Sonic 150R yang sudah diganti knalpot aftermarket, makin kelihatan sangar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar