Mengenai Saya

Foto saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Senin, 29 Juni 2015

RACE MOTOGP ASSEN 2015 : Rossi Pole Sitter dan Juara Penuh Dramatik

Race MotoGP 2015 seri ke-8 di sirkuit Assen Belanda menyuguhkan drama yang menegangkan. Valentino Rossi (Movistar Yamaha Team) merajai MotoGP Assen 2015 sejak mulai free practice, kualifikasi hingga race. Sebagai pole sitter, Rossi langsung melesat terdepan ditempel ketat Marc Marquez (Repsol Honda Team) yang berhasil pecundangi Aleix Espargaro (Ecstar Suzuki Team). Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha Team) yang harus kecewa karena start dari grid ke-8 melakukan akslerasi yang sangat bagus dan langsung menyodok di posisi 4. Gak butuh 1 lap, Lorenzo sudah menempel duel Rossi-Marquez di posisi 3. 



  





Makin lama, Rossi-Marquez yang saling tempel menempel kayak perangko berhasil membuat gap dengan Lorenzo hingga akhir race. Lorenzo seperti peturing yang hanya sekadar mengitari sirkuit mencari aman demi raihan poin klasemen. Beruntung grup di belakangnya yang saling adu skill berebut posisi 4 makin menjauh darinya. Akhirnya Andrea Iannone (Ducati Team) yang berhasil merengkuh posisi 4 dengan membuat jarak cukup jauh dengan rombongan belakang yang masih saling libas berebut posisi 5 dan dimenangkan Pol Espargaro (Monster Yamaha Tech3 Team). Espargaro dari tim Suzuki yang merebut start dari grid ke-2 harus kecewa berat. Performanya makin drop dan finish di posisi 9 di depan rekan setimnya, Maverick Vinalez. 




Saling tempel berusaha menjadi yang terbaik di Negeri Kincir Angin, duel idola dan fans ini pun makin seru. Enam lap tersisa Marquez berhasil melibas Rossi yang sepanjang lomba memimpin. Sang Legenda Hidup MotoGP ini gak tinggal diam dan masih menempel ketat juniornya untuk mencari celah merebut posisi terdepan. Akhirnya kesempatan datang di 2 lap akhir, Rossi memimpin lagi dengan dikuntit Marc. Drama ketegangan terjadi di lap akhir jelang 2 tikungan akhir. Marc berusaha mengambil celah racing line Rossi dari sisi dalam tikungan kanan chicane (tikungan zig zag) jelang garis finish. Tragedi terjadi, Rossi yang masih berada di depan pada racing line-nya harus disundul Marquez. Mau gak mau harus memotong chicane melalui gravel dan akhirnya finish menjadi juara. Beruntung Rossi gak jatuh di gravel. 











Uniknya, momen ini mengingatkan tragedi MotoGP Assen 2006.  Kala itu duel Nicky Hayden (Repsol Honda) dan Colin Edwards (Camel Yamaha) bersenggolan di chicane jelang garis finish. Pil pahit harus ditelan Edwards yang harus tersungkur di gravel dan merelakan tahta jawara kepada Hayden. Congrat dech buat pakde Rossi yang makin kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2015!!
MotoGP Assen 2006




Berikut RACE RESULT MOTOGP ASSEN 2015 :

Berikut DAFTAR KLASEMEN AKHIR PEMBALAP hingga seri MotoGP Assen, Belanda 2015 :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar