Mengenai Saya

Foto Saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Senin, 10 Juni 2013

KAWASAKI BAJAJ PULSAR 200NS : Streetfighter Kolaborasi, Penakluk Kompetitor

Ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2013 ternyata dijadikan sarana PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selaku pabrikan sepeda motor Kawasaki di Indonesia untuk meluncurkan produk motor sport terbaru. Setelah santer terdengar kabar bahwa Kawasaki Indonesia bakal melakukan kerjasama dengan Pabrikan Bajaj dalam memasarkan produk-produk dari PT Bajaj Auto India, kini isu tersebut benar-benar terbukti. Produk perdana yang dipasarkan di Indonesia sebagai hasil kerjasama PT KMI dengan PT Bajaj Auto India adalah KAWASAKI BAJAJ PULSAR 200NS. Yup, produk motor sport bergenre streetfighter ini memang udah lumayan agak lama meluncur di India. 
Meski masih mengusung sistem karburator namun fitur dan performa motor ini jangan dianggap remeh. Motor ini menggendong mesin SOHC 4 klep berkubikasi 200cc 4-tak menggunakan 3 busi yang disebut DTS-i (Digital Triple Sparkplug Ignition). Teknologi ini diklaim mampu menghasilkan pembakaran mesin sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan optimal namun tetap irit BBM dan ramah lingkungan. Mesin ini mampu meledakkan tenaga 23HP/9500rpm dengan torsinya 18,3Nm/8000rpm didukung transmisi 6-speed


Berikut Spesifikasi Teknis Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS ;
Type: Liquid-cooled, 4-stroke Single
Kapasitas mesin: 200 cm³
Rangka: 72.0 x 49.0 mm
Rasio Kompresi: 11.0 : 1
System Katup: SOHC, 4 valves
Sistem bahan bakar: Carburettor : φ 33 mm
Pengapian: CDI
Starter: Electric
Lubrication: Forced lubrication, wet sump

Performa
Tenaga Maksimum: 17 Kw {23.1 PS} / 9,500 rpm
Torsi Maksimum: 18 N.m {1.8 kg ƒ.m / 8,000 rpm}

Drivetrain
Transmisi: 6-speed, return
Final drive: Sealed chain
Primary reduction ratio: 3.273 (72/22)
Rasio Gigi:   
1st: 2.833 (34/12)
2nd: 2.067 (31/15)
3rd: 1.556 (28/18)
4th: 1.238 (26/21)
5th: 1.045 (23/22)
6th: 0.917 (22/24)
Final reduction ratio: 2.786 (39/14)
Kopling: Wet multi-disc, manual

Rangka
Type: Perimeter, pressed-steel
Ban depan:100/80-17 M/C 52P
Ban belakang: 130/70-17 M/C 62P
Sudut Putar: 26°
Trail: 85 mm
Steering angle (left/right): 36° / 36°
Suspensi depan: 37 mm telescopic fork
Suspensi belakang: mono-shock dengan gas dilengkapi piggy-back reservoir dan tingkat pegas yang dapat diatur.
Rem Depan
Type: Single 280 mm petal disc
Caliper: Dual – piston
Rem Belakang   
Type: Single 230 mm petal disc
Caliper: Single piston

Dimensi
Panjang: 1,965 mm
Lebar: 810 mm
Tinggi: 1,055 mm
Jarak roda: 1,360 mm
Jarak ke permukaan tanah: 165 mm
Tinggi jok    : 805 mm
Curb mass: 145 kg
Kapasitas bahan bakar: 12 L








Desain Pulsar 200NS sangat keren, gagah, sporty dan futuristik mulai dari lampu depan, tangki bergaya moge serta lampu belakang futuristik. Selain itu penempatan knalpot di bawah mesin membuat Pulsar 200NS terlihat modern. PT KMI menambahkan striping di body untuk mempertegas aksen sporty yang notabene disukai konsumen Indonesia. Meski diproduksi oleh PT Bajaj Auto India namun quality control langsung diawasi secara ketat oleh PT Kawasaki Heavy Industry di India. Jadi jaminan kualitas produk setara produk Indonesia dech.
Secara Harga, Pulsar 200NS setara dengan Honda CB 150R dan Yamaha new V-Ixion Lightning di rentang harga di bawah 25juta. Namun secara performa mesin ada di atas kedua produk ini. Bahkan Pulsar 200NS cukup bejaban dengan produk premium dengan kubikasi mesin sedikit di atasnya, yaitu Honda new CBR 250R dan Kawasaki Ninja 250R.


Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS ini hadir dalam tiga pilihan warna yaitu merah, hitam dan kuning. Sedang untuk harga jualnya dilepas Rp 23,3juta OTR Jakarta.
Produk ini kayaknya bakal laris manis nich... Honda CB 150R dan Yamaha new V-Ixion Lightning pun bakal dapat saingan berat jika konsumen tidak terlalu fanatik terhadap 2 brand pabrikan terbesar, Yamaha dan Honda. Apalagi penjualan dan aftersales sudah dibackup Kawasaki yang konsen menjual motor tipe sport.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar