Mengenai Saya

Foto Saya
Cinta dunia otomotif khususnya roda 2 dan fokus dalam kampanye keselamatan berkendara (safety riding)

Selasa, 01 November 2011

Dongkrak Tampilan Knalpot Standar : Dana Minim Hasil Maksi

Silincer knalpot Yoshimura versi karbon
Ingin mendongkrak tampilan motor Honda CS-1 Bro dan Sis lewat knalpot? Bagi pemilik Honda CS-1 yang berdana "cekak" bisa mencoba untuk "mempermak" tampilan knalpot standarmu dengan membalut cover silincer knalpot (muffler) dengan stiker carbon-look. Membalut cover silincer knalpot standar dengan stiker motif karbon bisa mendongkrak tampilan motormu menjadi lebih gahar, mewah dan elegan layaknya memakai knalpot karbon aftermarket.
New CBR 250R modifikasi dengan knalpot aftermarket versi karbon
Ninja 250R dengan knalpot Yoshimura versi karbon

Dana yang dibutuhkan gak lebih dari 50ribu, tergantung pemilihan motif stiker karbon.dan luas bidang cover silincer. Sekarang stiker motif karbon banyak ragam warna dan modelnya. Namun rata-rata yang dipakai warna hitam dan motif standar serat karbon. Model stiker carbon-look pun terdiri 2 jenis, yaitu yang polos halus dan bertekstur kasar. Untuk stiker carbon-look yang polos halus rata-rata dijual sekitar Rp 20ribu/m dengan lebar 45cm bermerk "d-c-fix." Sedangkan stiker carbon-look bertekstur kasar rata-rata dijual sekitar Rp 40ribu/m dengan lebar 45cm.
Contoh stiker d-c-fix motif carbon-look tipe polos halus
Contoh stiker motif carbon-look tipe bertekstur kasar

Silahkan ukur luas bidang cover silincer yang akan dibalut stiker. Untuk cover silincer knalpot standar Honda CS-1 hanya membutuhkan ukuran 34cm x 16cm. Setelah diukur maka buat pola di lembar balik stiker sebagai acuan pemotongan. Setelah jadi pola yang diinginkan maka bisa segera dipotong dengan  pisau cutter mengikuti garis pola yang dibuat. Mata pisau cutter harus dalam kondisi tajam (baru) agar pemotongan menjadi lebih halus dan sempurna. Setelah stiker selesai dipotong mengikuti pola yang dibuat, maka bisa mulai ditempel ke cover silincer knalpot. Sebelum pemasangan hendaknya area cover silincer dicuci dahulu dengan air sabun dan keringkan. Setelah kering bisa dipoles dengan cairan pemoles bisa berupa silikon cair maupun wax pemoles pasta. Setelah dipoles bisa mulai untuk memasang stiker ke area yang diinginkan. Agar pemasangan mudah diperbaiki dan digeser-geser hendaknya bidang cover silincer bisa disemprot dengan air sabun secukupnya. Setelah pemasangan dirasa pas bisa segera digosok bidang stiker menggunakan karet/kalep/kain halus untuk membuang sisa air sabun agar stiker menempel dengan sempurna dan rapi. Apabila masih ada bagian stiker yang tampak menggelembung bisa ditusuk dengan jarum kemudian gosok perlahan agar  gelembung angin/air sabun bisa keluar dan stiker bisa rapi. Kelar udah, tampilan knalpot standar bisa terdongkrak menjadi lebih keren, gahar, mewah dan elegan sehingga tampilan Honda CS-1 Bro dan Sis akan menjadi lebih OK.
Silincer knalpot standar Honda CS-1 sebelum ditempel stiker
Silincer knalpot CS-1 setelah dibalut stiker motif karbon tipe polos halus (maaf gambar kurang jelas, hehe..)

Hal yang perlu diingat bahwa stiker bisa menempel maksimal dan tidak mudah mengelupas dan rusak adalah cover silincer harus bersih dan apabila ada baret-baret bisa dihaluskan dahulu dengan ampelas. Pemasangan stiker haruslah dalam kondisi silincer knalpot dingin agar stiker mudah menempel dengan baik, rapi dan sempurna. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk jenis motor lain asalkan cover silincer knalpot berbahan logam halus atau dikrom, dengan model terpisah dari badan silincer. Model cover silincer model terpisah ada 2 jenis, yaitu model menempel langsung dengan badan silincer dan model yang terpisah dari badan silincer. Model cover silincer menempel langsung dengan badan silincer misalnya pada silincer Honda CS-1,  Yamaha Byson, Suzuki Shogun generasi awal dan lain sebagainya. Sedangkan model cover silincer terpisah dengan badan silincer misalnya pada silincer Yamaha V-Ixion, Yamaha Jupiter Z, Honda Karisma, Suzuki New Shogun dan lain sebagainya. Model muffler (knalpot) tanpa cover silincer misal pada knalpot standar Honda Supra series 100cc, Suzuki Smash generasi pertama dan lain sebagainya gak bisa dipasang stiker karena panas yang berlebih. Stiker akan mudah meleleh dan mengelupas jika dipasang di knalpot tanpa cover silincer. Selamat "bereksperimen" Bro dan Sis, dongkrak tampilan motormu dengan dana minim tapi hasil maksi...!
Contoh stiker carbon-look di cover pelindung silincer Yamaha V-Ixion
Contoh stiker carbon-look di silincer Yamaha Byson
Contoh knalpot standar Honda Karisma dengan cover silincer model terpisah
Contoh knalpot standar Yamaha New Jupiter Z dengan cover silincer model terpisah
Knalpot standar tanpa cover silincer, tidak bisa dipasangi stiker

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Pasangnya dalam kondisi knalpot dingin, hrs pake stiker bermerk bagus, lumyan bisa tahan 1 tahun kok. Udah kucoba sendiri di knalpot standar CS1 :) Kalo ditempel di model pelindung yang kepisah kyk model V-ixion bisa tahan lebih lama

      Hapus